Hubungan antara individu,keluarga dan masyarakat

Posted by arbi pramana On Senin, 30 November 2009 0 komentar
a. Makna individu

Manusia adalah makhluk individu, makhluk individu berarti mmakhluk yang tidak dapat di bagi bagi, tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya.

b. Makna keluarga

Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah grup yang terbentuk dari hubungan laki laki dengan perempuan.

c. makna mayarakat

seperti halnya dengan definisi sosiologi yang banyak jumlahnya kita dapati pula definisi tentang masyarakat yang juga tidak sedikit.

Mengenai arti masyarakat, di sini kita akan kemukakan definisi mengenai masyarakat dari para sarjana, seperti misalnya :
  1. R. Linton : Seorang ahli antropologi mengemukakan, bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga mereka ini dapat mengorganisasikan dirinya berfikir tentang dirinya dalam satu kesatuan social dengan batas-batas tertentu.
  2. M.J. Herskovits : Mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti satu cara hidup tertentu.
  3. J.L. Gillin dan J.P. Gillin : Mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan kesatuan yang sama. Masyarakat itu meliputi pengelompokam-pengelompokan yang lebih kecil.
  4. S.R. Steinmetz : Seorang sosiologi bangsa Belanda mengatakan bahwa, masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar, yang meliputi pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil, yang mempunyai perhubungan yang erat dan teratur.
  5. Hasan Shadili : mendefinisikan masyarakat adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia, yang dengan pengaruh bertalian secara golongan dan mempunyai pengaruh kebatinan satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar