Sejarah Komputer

Posted by arbi pramana On Minggu, 22 November 2009 0 komentar

Komputer generasi pertama



Komputer generasi pertama dimulai dari tahun 1946, yang termasuk ke dalam komputer generasi pertama ialah komputer yang menggunakan konsep dasar stored program.
Stored program : operasi komputer di control oleh program yang disimpan di memori komputer. Rogram di buat dalam bahasa mesin, yang terdiri dari instruksi instruksi angka 0 dan 1 dala urutan tertentu.

Ciri komputer generasi pertama:

1. komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara untuk sirkuitnya
2. program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin
3. menggunakan konsep stored program
4. menggunakan simpanan luar, berupa magnetic tape atau magnetic disk
5. ukuran fisik komputer besar
6. cepat panas
7. simpananya kecil
8. membutuhkan daya listrik yang besar
9. proses kurang cepat
10. orientasinya untuk aplikasi bisnis

Komputer generasi pertama dibuat dngan nama ENIAC (electronic numerical integrator and calculator) yang dibuat pada tahun 1942 di mmoore school of electrical engineering oleh dr. John w. Maunchly dan J.Presper Eckert. ENIAC dibuat untuk membantu US. ARMY untuk menghitung target sasaran bom dalam perang dunia ke 2.



Pada tahun 1947

Dr. John Bardeen, Dr. Walter H. Brattain dan Dr. William scockley di bell laboratories menemukan transistor yang nantinya merupakan komponen untuk generasi ke-2

Pada tahun 1948 di buat komputer yang bernama IBM selective sequence electronic calculator

Pada tahun 1949, tepatnya pada bulan mei di Cambridge university inggris, telah di operasikan sebuah komputer dengan nama EDSAC (electronic delayed storage automatic komputer), komputer yang pertama kali menggunakan stored program. Dan pada tahun ini juga HARVARD MARK III dibuat dengan menggunakan magnetic drum untuk penyimpanan program.

Pada tahun 1950 Alan M. Turing di national Physical laboratory, London, telah membuat komputer dengan nama ACE (automatic calculating engine)
Juga dibuat konstruksi dari komputer SEC (simple electronic komputer) yang menggunakan drum magnetic sebagai memory penyimpanannya di electronic computation laboratory of birkbeck college. University of London.

Pada tahun 1951 komputer yang komersial yang pertama yang di produksi di inggris yang bernama LEO (lyon elecktronic office)

Pada tahun 1952 komputer yang sepenuhnya menggunakan konsep stored program tercipta dengan nama EDVAC ( electronic discrete variable automatic komputer), di buat oleh moore school of electrical engineering. EDVAC lebih kecil dari EDSAC namun memiliki kemampuan yang lebih besar dari EDSAC.
Pada tahun ini juga lahir komputer whirlwind I yang menggunakan magnetic core memory oleh Dr. Jay W. Forrester di Massachussetts institute of technology.

Pada tahun 1953 IBM memproduksi komputer IBM 701 yang merupakan komputer komersial berukuran besar

Pada tahun 1954 komputer yag paling komersial generasi pertama paling populer.
IBM memproduksi komputer IBM 650. baik komputer IBM 701 maupun IBM 650 adalah komputer yang berorientasi pada applikasi bisnis.

Pada tahun 1956 Komputer yang menggunakan simpanan luar dengan akses secara random tercipta, RAMAC 305 (random access method for accounting and control) merupakan komputer yang pertama memungkinkan file disimpan di disk dengan akses secara random

Pada tahun 1959, IBM 705 di buat untuk mengganti IBM 701. IBM 705 telah memantapkan IBM dalam pengolahan data.

Komputer generasi pertama yang lainnya :

- UNIVAC II
- Datamatic 1000
- Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 709
- CRC,NCR 102A, NCR 102D
- BIZMAC I, BIZMAC II

0 komentar:

Posting Komentar