dendam menjadi motivasi

Posted by arbi pramana On Rabu, 07 April 2010 0 komentar
Pengertian dendam

dendam adalah suatu keinginan keras untuk membalas kejahatan atau perlakuan yang telah di alami oleh seseorang. dengan demikian telah jelas bahwa : dendam mungkin masuk ke dalam sifat negatif yang ada pada masnusia. dimana sesorang pendendam
akan membalas perlakuan manusia yang lain dan mungkin tidak ada henti hentinya sampe salah satu diantaranya puas.


Bahaya Sifat Pendendam :
Mendekatkan pada perbuatan maksiat dan dosa
Memperbanyak musuh dan orang tidak senang
Menumbuhkan sifat egois
Menghambat hubungan baik dengan sesama
Menghilangkan kepercayaan orang lain
Mengotori kebersihan jiwa dan pikiran


Bersifat negatif kah dendam itu?

jika di lihat dari bahaya sifat dendam, mungkin dendam bersifat negatif. tapi kita tahu bahwa semua yang ada di dunia ini, berlaku hukum keadilan atau bisa di perjelas dengan pengungkapan sebagai berikut "setiap ada tanjakan pasti ada turunan", "setiap ada kemiskinan pasti ada kekayaan". berarti jika bisa di ambil kesimpulan "semua yang bernilai negatif bisa berubah menjadi netral jika ada yang bernilai positive" .dalam pengandaian tersebut berarti setiap ada nilai negative pasti ada nilai positif. jadi, jika di tinjau dari semua pernyataan di atas dendam bisa jadi memiliki nilai positif. nah, mengapa kita tidak menggunakan dendam untuk memotivasi kita menjadi lebih baik??

Motivasi

Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Orang yang tidak mau bertindak sering kali disebut tidak memiliki motivasi. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri.

Dendam dengan Motivasi

disini mungkin saya memiliki kesimpulan bahwa : mungkin sebuah dendam memiliki 2 nilai perspektif diantaranya segi negatif dan segi positif, mengapa kita tidak mengubah dendam menjadi nilai positif?? . seperti yang di jelaskan tadi bahwa dendam adalah suatu keinginan seseorang untuk membalas tindakan atau perlakuan seseorang terhadapnya. berarti seorang pendendam memiliki keinginan bahwa dia akan melakukan apa saja untuk mengalahkan orang yang pernah mambuat dia dendam. secara tidak langsung motivasi berjalan dengan tonggak di atas dendam. mungkin pada posisi ini seseorang bisa melakukan yang terbaik, bahkan lebih baik dari pada yang dia inginkan karena dia melakukan sesuatu yang ia lakukan dengan sungguh sungguh (keras hati) . namun, tidak semua orang bisa melakukan hal ini dengan nilai positif dengan artian untuk kebaikan orang lain.

dengan ada peryataan di atas mengapa kita tidak pernah terpikir dan mencoba merubah pandangan terhadap dendam, untuk memotivasi kita menjadi yangl ebih baik lagi, dalam menjalani kehidupan? jadikan dendam sebuah motifasi yang membuat kita berubah menjadi lebih baik, dan melupakan dendam yang sebenarnya bernilai negatif menjadi dendam bernilai positif dengan artian menghilangkan dendam menjadi motivasi diri kita untuk menjadi lebih baik lagi?

" sebuah tindakan kecil yang anda lakukan, mungkin saja suatu tindakan yang sangat bermakna untuk kehidupan anda dan orang lain. terus motivasi diri anda dari hal yang terkecil menjadi diri anda seutuhnya "


0 komentar:

Posting Komentar